Text-Ads

Cari Blog Ini

SMK FARMASI BHAKTI ADI HUSODO

Rabu, 05 Desember 2012

SMK FARMASI BHAKTI ADI HUSODO "SMK BISA"

A. Latar Belakang
Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi (SMKF) Bhakti Adi Husodo Bayongbong memiliki visi yang berorientasi ke masa yang akan datang terutama menghadapi era globalisasi yang serba cepat dan sering tidak mudah diprediksi aktualisasi dan arahnya, sehingga memiliki konsep apa-mengapa-kapan-dimana-oleh siapa-bagaimana mempersiapkan Sumber Daya Manusia Lulusan yang profesional, handal, bertanggung jawab yang dilandasi Iman dan Taqwa terhadap Alloh SWT.

Perkembangan global ditandai oleh berbagai perubahan yang sangat cepat, dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, sistem dan struktur sosial, seni dan budaya, sistem politik dan keamanan, sistem ekonomi dan keuangan, ideologi dan keyaqinan agama, pendek kata era globalisasi merasuk ke semua lini aspek kehidupan manusia. Oleh karena itu dibutuhkan Visi, Misi, Tujuan, Strategi, dan Program yang tepat, agar lulusan SMKF Bhakti Adi Husodo Bayongbong dapat memberikan bekal yang memadai, hal ini tergambar dalam atsar shohabat Ali RA yang berbunyi : “ Didiklah dan ajarilah anak-anakmu untuk menghadapi zamannya”.
Rentang usia siswa sekolah menengah kejuruan berkisar 15 s.d 19 tahun, berdasarkan teori perkembangan mereka berada pada masa adolonsia, berupa masa yang sangat penting menuju proses pendewasaan baik secara mental maupun spiritual, jasmaniyah dan rohaniyah, begitu juga lahariyah dan bathiniyah. Oleh karena itu mereka membutuhkan pengalaman-penglaman proses menuju kedewasaan tersebut.
Proses menuju kedawasaan tersebut harus mengacu kepada tujuan Sekolah Menengah Kejuruan sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pendidikan Nasional nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan, yaitu: “: meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
Dengan demikian untuk menghadapi era globaliasi dibutuhkan manusia yang memiliki multi dimensi kompetensi, dan untuk hal tersebut SMK Farmasi Bhakti Adi Husodo menyusun struktur kurikulum yang meliputi: Program Keahlian Utama Farmasi dan Progam Keahlian Pendukung ICT-Multimedia, English Conversation-TOEIC, dan Kepesantrenan.


B. Visi, Misi, Tujuan, Strategi, dan Program

1. Visi
Terwujudnya tenaga teknisi farmasi yang profesional, kompeten, mandiri, kreatif, inovatif, bertanggung jawab yang dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta nilai-nilai kemanusiaan yang hakiki

2. Misi
Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas profesional dalam bidang kefarmasian dan menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah yang profesioanl, mandiri, adaftable dengan perkembangan ilmu dan teknologi, yang mampu bersaing di era global serta siap melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi
Adapun misi yang diemban Sekolah Menegah Kejuruan Farmasi Bhakti Adi Husodo adalah sebagai berikut :
a. Membina suasana religius pada lingkungan pendidikan agar tujuan utam pendidkan dapat tercapai seiring dengan meningkatkan iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
b. Mengutamakan kesiapan siswa untuk memasuki dunia kerja serta mengembangkan sikap profesional yang adaftif terhadap perkembangan ilmu dan teknologi
c. Menyiapkan tenaga di bidang kefarmasian pada tingkat menengah sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri
d. Menjalin kemitraan dengan lembaga atau instansi pemerintah maupun swasta secara sektoral maupun lintas sektoral
e. Menyiapkan tamatan agar dapat berwira usaha secara mandiri sebagai anak bangsa yang kompetitif
f. Menyiapkan tamatan agara dapat membuka lapangan pekerjaan
g. Menyiapkan lulusan agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan bidangnya


3. Tujuan
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 39 tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan, pembinaan kesiswaan bertujuan:
a. Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan kreativitas .
b. Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan.
c. Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
d. Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).

4. Strategi
Untuk mewujudkan tujuan sebagaimana uraian di atas, akan dilakukan melalui strategi:
a. Penelusuran minat, bakat dan kreativitas siswa serta penyediaan fasilitas, dan bimbingan.
b. Pembinaan kepribadian, penegakan peraturan dan tata tertib sekolah, penanaman kesadaran terhadap peraturan dan hukum yang berlaku.
c. Mengikutsertakan siswa yang memiliki bakat, minat, dan kreativitas dalam berbagai kegiatan lomba.
d. Pembinaan akhlak mulia, penanaman jiwa sportif dan demokratis, serta pengembangan pengetahuan hak-hak azasi manusia dan aktualisasinya

Rumusan strategi di atas, dilaksanakan dengan mengembangkan dan menanamkan disiplin dan budaya: (1) tepat waktu, (2) taat hukum, (3) Bersih diri dan lingkungan, (4) belajar sepanjang hayat.



0 komentar:

Posting Komentar

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info

snow